Milenial Pilih Apartemen Ketimbang Rumah. Ini Alasannya!

29/11/2019

Thecanaryapartment.com, Tangerang – Jika kita tengok beberapa waktu silam, apartemen merupakan sebuah hunian mewah yang hanya dapat dimiliki oleh orang-orang borjuis. Namun, seiring berjalannya waktu hunian vertikal ini bukan lagi soal kemewahan, tapi juga soal kebutuhan. Tak hanya itu, kini apartemen tengah menjadi tren tersendiri bagi kalangan milenial.

Di era modern seperti sekarang ini, mobilitas tiap individu semakin padat. Atas alasan tersebut, banyak anak muda yang lebih memililih untuk membeli apartemen ketimbang rumah konvensional. Menurut survei yang dilansir oleh Ekonomi.bisnis.com, sebanyak 61%  generasi milenial memilih hunian dengan akses transportasi yang mudah.

Faktor lain yang membuat kaum milenial urung membeli rumah konvensional yaitu karena rumitnya syarat-syarat untuk mengajukan KPR. Walaupun saat ini sudah sangat banyak program untuk mempermudah membeli rumah. Namun, hal itu masih dirasa sebagai  proses KPR yang sulit.

Hunian yang diminati oleh kaum milenial, yaitu hunian dengan harga harga kurang dari lima ratus juta rupiah sebanyak 57% konsumen, lalu 21% responden mencari rumah 500 - 700 juta.

Dari data tersebut, dapat disimpulkan jika faktor lokasi dan harga menjadi permasalahan kaum milenial enggan untuk membeli rumah, berbeda dengan apartemen yang menawarkan harga jauh lebih murah dengan lokasi yang cukup strategis.

Selain data yang terlampir di atas, masih banyak alasan lain yang membuat kaum milenial lebih memilih apartemen ketimbang rumah konvensional. Apa sajakah itu? Berikut alasannya.

1. Perawatan Cukup Mudah

Berbeda dengan rumah konvensional, perawatan pada apartemen bisa dikatakan cukup mudah. Kenapa? Selain ukurannya yang tidak terlalu besar, Anda juga tidak dipusingkan dengan pembayaran bulanan, seperti air, sampah, keamanan, saluran air, dan sirkulasi udara karena semuanya sudah ditangani oleh pihak pengelola.

Anda tak perlu membuang-buang waktu untuk melakukan itu semua, tinggal membayar biaya iuran bulanan yang ditentukan pengelola, semuanya beres.

2. Lokasi yang Strategis

Sebagai generasi yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, tentu kaum milenial membutuhkan hunian yang berada di lokasi strategis. Hunian vertikal biasanya di bangun di dekat dengan pusat kota sehingga hemat biaya transportasi, waktu, dan tenaga.

3. Fasilitas Lengkap

Fasilitas yang ditawarkan apartemen juga menjadi daya tarik sendiri. Tak seperti rumah konvensional, pada umumnya pihak pengembang apartemen menawarkan konsep one stop living sehingga membuat para penghuni dapat melakukan segala sesuatu dengan mudah dan tak perlu pergi jauh dari sekitar apartemen.

Fasilitas-fasilitas tersebut biasanya berupa pusat olahraga, pusat perbelanjaan, restoran, transportasi, pendidikan, dan masih banyak lagi fasilitas yang memudahkan hidup penghuninya. (MDA)