Kenali Ciri Investasi Properti yang Menguntungkan

16/12/2019
Faktor Penting yang Membuat Nilai Investasi Properti Terus Meninggi

Berinvestasi adalah satu cara menabung yang sekarang ini sedang mendapat perhatian yang positif dari masyarakat. Investasi memiliki banyak sekali bentuk, mulai dari yang terlihat secara fisik dan yang tidak. Investasi yang terlihat secara fisik dapat berupa emas, perhiasan, dan properti. Masing-masing investasi memiliki risiko yang perlu diperhitungkan, termasuk investasi properti yang sekarang sedang booming.

Mengapa banyak orang cenderung lebih memilih apartemen untuk investasi? Apa yang membuat investasi apartemen ini akan menguntungkan? 

1. Kenaikan Harga Tanah
Ketersediaan lahan di kota-kota besar seperti Jabodetabek yang sangat minim menyebabkan harga tanah untuk hunian kian meroket. Membangun rumah tapak sudah hampir mustahil di kota besar, oleh karena itu hunian apartemen menjadi salah satu properti yang populer. Karena kenaikan harga tanah ini lah yang membuat nilai investasi hunian vertikal hampir selalu dipastikan naik setiap tahun. 

2. Harga Unit Kompetitif
Beragam pilihan apartemen bisa ditemukan di kota-kota besar. Setiap pilihannya menawarkan harga yang berbeda beda. Harga pun akan bergantung dengan lokasi dan fasilitas yang dimiliki. 

3. Inflasi 
Inflasi keuangan bukan hanya memberi dampak pada harga bahan pangan dan bahan bakar. Situasi ini pun memiliki dampak untuk sektor properti. Karena semua sektor naik, maka otomatis harga apartemen pun naik setiap tahunnya. 

4. Pertumbuhan Ekonomi Kelas Menengah
Pertumbuhan ekonomi yang terjadi telah merubah pola gaya hidup masyarakat. Kalangan pekerja kelas menengah ke atas yang mendapatkan peningkatan pendapatan mulai berpikir untuk membeli hunian berupa rumah ataupun apartemen. Hal ini meningkatkan nilai sebuah apartemen dikarenakan permintaan yang akan meningkat dari tahun ke tahun. 

5. Nilai Sewa Apartemen Selalu Naik
Dengan pertumbuhan ekonomi yang terjadi dalam masyarakat, harga kebutuhan pun ikut naik. Momentum ini juga terjadi pada sektor penyewaan apartemen. Para pemilik apartemen dapat menaikan harga sewa pada penyewa. (AKB)