Investasi Konvensional dan Syariah: Mana yang Lebih Untung?

02/12/2019
Investasi Konvensional dan Syariah: Mana yang Lebih Untung?

Thecanaryapartment.com, Gading Serpong - Bagi sebagian orang, investasi adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk dapat hidup dengan aman dan nyaman pada masa depan. Banyak investasi yang merebak di Indonesia yang memberikan berbagai keuntungan membuat kita cukup bingung untuk memilih. Jika kita lihat secara umu, terdapat dua macam investasi, yaitu investasi konvensional dan syariah. Apa perbedaan antar keduanya? Mari simak penjelasan lebih lanjut. 

Investasi Syariah
Berdasarkan namanya saja, kita sudah dapat menerka kalau jenis investasi ini adalah berdasarkan agama Islam. Jenis ini memiliki panduan tata cara pelaksanaan yang berasal dari kitab Al-Quran dan hadits. Dalam perdagangan Islam, hal seperti riba atau bunga bukan merupakan orientasi dalam mendapatkan keuntungan. Tidak boleh ada unsur riba dalam setiap proses perdagangan umat Islam. Maka dari itu, investasi syariah tidak mengandung unsur bunga melainkan hanya bagi hasil bagi orang-orang yang memiliki modal di dalamnya. 


Investasi Konvensional
Kalau kita bicara jenis yang satu ini,investasi ditujukan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Dan untuk melakukan hal itu, bunga besar merupakan hal yang ingin dicapai. Cara ini cocok untuk orang-orang yang menginginkan keuntungan yang besar.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakan dua jenis investasi ini. Jikalau Anda menginginkan investasi yang sesuai ajaran agama dan mengharapkan berkah di dunia dan akhirat, maka investasi syariah yang harus Anda pilih. Namun jika target Anda adalah keuntungan yang sebesar-besarnya, maka jenis konvensional lah pilihan yang sesuai. (AKB)