Ini Daftar Kota Paling Macet di Pulau Jawa

13/01/2020

Thecanaryapartment.com, Tangerang – Kemacetan menjadi sebuah polemik tersendiri bagi setiap negara. Tak hanya Indonesia, negara-negara lain di belahan dunia pun turut merasakan kemacetan yang cukup parah. Bahkan menurut data riset yang dilampirkan inrix, tingkat kemacetan di kota-kota seluruh dunia mengalami peningkatan.

Dalam data tersebut, inrix mencatat 1.360 kota di 38 negara mengalami kepadatan lalulintas di sepanjang hari bahkan pada hari Minggu. Kemacetan ini tentu sangat mengganggu mobilitas, terlebih jika adanya kegiatan di pagi hari.

Kemacetan yang ada di Tanah air, biasanya berfokus pada Pulau Jawa. Hal ini wajar, karena di pulau Jawa kepadatan penduduk Indonesia jauh lebih tinggi dari daerah lain. Berikut adalah daftar kota yang termasuk ke dalam kota paling macet di Pulau Jawa:

1. Jakarta

Berbicara macet, tentu sangat identik dengan DKI Jakarta. Sebagai Ibukota Indonesia, Jakarta berada di posisi teratas soal kemacetan. Bahkan dalam daftar kota termacet di dunia, kota yang dulu bernama Batavia ini menduduki posisi ke-12.

Berdasarkan presentase rata-rata waktu yang dihabiskan pengendara saat macet memasuki angka 20 persen, lamanya macet di ibukota menghabiskan waktu mencapai 63 jam dalam setahun.

2. Bandung

Tak ubahnya Jakarta, Bandung juga dapat dikatakan sebagai kota termacet yang ada di Pulau Jawa. Sudah tak terpungkiri, sebagai Ibukota Jawa Barat, Kota Kembang ini dikenal sibuk dengan berbagi aktivitas, sehingga menyebabkan kemacetan.

Dalam daftar kota termacet yang ada di Indonesia, Bandung menduduki posisi kedua setelah Jakarta. Lamanya waktu kemacetan di Bandung selama setahun mencapai 46 jam. Secara keseluruhan, lama waktu pengendara terjebak kemacetan sekitar 22 persen.

3. Malang

Kemacetan di Pulau Jawa ternyata tak hanya berfokus di wilayah barat saja. Di Timur pun sama saja, seperti di Kota Malang. Kota penghasil apel ini bahkan duduk sebagai kota termacet terparah ketiga di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, bahkan pengendara harus menghabiskan waktu selama 25 jam dalam setahun, dengan presentase keseluruhan mencapai 23 persen.

4. Yogyakarta

Sebagai kota wisata, tak heran jika Yogyakarta masuk ke dalam jejeran kota termacet di Indonesia. Bahkan kota yang dijuluki sebagai Kota Pelajar ini menduduki peringkat keempat sebagai kota dengan lalu lintas terpadat di tanah air

Kemacetan yang terjadi di Jogja ini setara dengan Malang, yakni pengendara harus menghabiskan waktu 45 jam terjebak di jalan dalam setahun.

5. Surabaya

Sebagai kota terbesar kedua di indonesia, tidak mengherankan bila Surabaya jugamasuk ke dalam kategori kota termacet di Pulau Jawa. Ibukota Jawa Timur ini berada di posisi ke-delapan sebagai kota termacet di tanah air.

Banyak faktor yang menyebabkan macet di Surabaya, seperti pembangunan industri dan pengembangan properti. Lamanya waktu pengendara ketika terjebak macet yakni 37 jam dalam setahun, berdasarkan presentase rata-rata kemacetan di Surabaya yang menyentuh angka hingga 16 persen. (MDA)