Fakta Unik Natal yang Wajib Diketahui

23/12/2019

Perayaan Natal adalah sesuatu yang sangat istimewa bagi yang merayakannya. Ini momen yang ditunggu di setiap penghujung tahun karena di saat inilah biasanya sanak saudara dan seluruh keluarga besar dapat berkumpul dan saling bersuka cita.

Bukan hanya di Indonesia yang merayakannya, namun seluruh dunia pun merayakan Natal. Jika berbicara soal Natal pasti tidak jauh dengan berbagai tradisinya yang lekat dan selalu hadir. Ingin tahu apa saja tradisi dan fakta di baliknya?

1. Menggantung Kaus Kaki

Merayakan Natal tak bisa lepas dengan tradisi menggantung kaus kaki. Kaus kaki biasa digantung di tempat perapian namun jika Anda tidak punya perapian, bisa menggantungnya di depan pintu, jendela, ataupun di kasur.

Tradisi ini berawal dari St. Nicholas yang mendedikasikan hidupnya untuk mengikuti ajaran Yesus Kristus dimana ia menggunakan harta nya untuk menolong orang yang miskin dan menderita. Suatu ketika saat St. Nicholas sedang berkuda, ia berhenti di depan sebuah rumah pedagang miskin dan kemudian ia naik ke cerobong rumah tersebut dan melempar tiga kantung berisi koin emas. Kantung emas tersebut kemudian jatuh tepat di dalam kaus kaki yang sedang dikeringkan di cerobong rumah itu.

2. Lagu Jingle Bells

Tak lengkap sebuah perayaan Natal tanpa menyanyikan Jingle Bells. Namun tahukah Anda siapa pencipta lagu khas ini? Adalah James Lord Pierpont yang menciptakan lagu ini. Awalnya lagu ini berjudul "One Horse Open Sleigh" dan setelah diterbitkan kembali, lagu tersebut berganti judul menjadi Jingle Bells. Yang lebih mengejutkan lagi adalah lagu ini awalnya bukan untuk perayaan Natal namun untuk Thanksgiving.

3. Sinterklaas

Kakek tua berjanggut lebat ini adalah sosok yang selalu hadir saat Natal memberikan bermacam hadiah untuk anak-anak yang bertingkah baik selama setahun penuh. Asal mula Sinterklaas atau Santa Claus berawal dari sosok yang tadi telah disebutkan yaitu St. Nicholas. Ia menjadi sosok khas Natal karena ketulusan hatinya membantu orang yang miskin dan kesulitan dengan memberikan sedikit hartanya kepada mereka.

4. Menghias Pohon Natal

Menghias pohon dengan pernak pernik khas Natal pastilah menjadi kegiatan yang sangat ditunggu seluruh anggota keluarga. Tradisi ini berasal dari negeri yang jauh yaitu Jerman. Orang-orang Jerman memulai tradisi menghias pohon ini pada abad ke 16. Awalnya pohon Natal dibuat dengan tumpukan kayu menjadi sebuah piramid dan Martin Luther adalah orang pertama yang menambahkan lilin pada pohon Natal tersebut agar terlihat terang dan menawan.

Itulah beberapa fakta unik tentang sejarah perayaan Natal. Bagaimana dengan Anda? Sudah siap dengan semua pernak pernik Natal Anda dan keluarga? (AKB)